KEJADIAN SETELAH PEMBOMAN HIROSIMA DAN NAGASAKI

KEJADIAN SETELAH PEMBOMAN HIROSIMA DAN NAGASAKI

1. Akibat Pemboman Hirosima dan Nagasaki
Pemboman itu mengakibatkan kehancuran yang merata di daerah itu dan rakyat 2 kota tersebut sangat menderita akibat tertimpa bom atom dan radiasi bom nuklir yang berkekuatan antara 15.000 dan 20.000 ton TNT. Bom nuklir tersebut menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki, semua itu dilakukan oleh Sekutu (Amerika) dengan alasan untuk membungkam angkatan perang kekaisaran Jepang yang terkenal sangat heroik, pantang menyerah dan loyal kepada kaisar.

Gambar 1. Awan jamur di atas Hiroshima setelah dijatuhkannya Little Boy
Sesaat setelah di jatuhkan dan bom tersebut meledak, pesawat bomber B-29 tersebut bergetar sangat hebat. Sementara 10.000 meter dibawah mereka tersebut, hiroshima hancur berantakan dengan gempa dahsyat dan gelombang panas 4.000 derajat celcius. Manusia manusia yang terbakar panas, tersengat radiasi nuklir mati saat itu juga.

Gambar 2. Tampak kota hiroshima yang hancur lebur rata dengan tanah
2. Jepang Menyerah Tanpa Syarat

Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.
3. Berakhirnya Perang Pasifik dan Perang Dunia II

Jepang menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membuat Jepang sesudah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.

4. 3 Dampak Destruktif bagi Kedua Kota
a. Energi panas yang tersebar menyelimuti kota Hirosima dan sekitarnya dalam radius 1 km menjadi bak bara api.
b. Terjadi pemanasan hingga jutaan derajat yang berlangsung hingga hitungan detik. Dalam radius 1 km segala sesuatu menjadi abu. Sedang pada radius 4 km, bangunan dan manusia terpanggang api. Pada radius 8 km manusia dan bangunan mengalami luka bakar parah. Setelah itu, muncul gelombang ledakan dengan kecepatan 1000 km/jam pada radius 2 km yang menerbangkan segala sesuatu dari 90.000 bangunan di kota hirosima, 62.000 bangunan hancur lebur.
c. Dampak buruk radiasi radio aktif dari bom atom menyebabkan kanker dan berbagai penyakit darah.

5. Dampak Bagi Penduduk Kota Hirosima dan Nagasaki
Selain jumlah korban korban tewas setelah diledakkannya bom nuklir yang di jatuhkan oleh Amerika, beberapa tahun kemudian 200.000 orang menyusul tewas karena penyakit penyakit akibat radiasi, luka bakar stadium tinggi dan leukemia serta masih banyak penyakit penyakit lain nya. Dampak radioaktif mencapai 20 km dari lokasi jatuhnya bom tersebut.

Gambar 3. Korban bom atom Hiroshima – Nagasaki
6. Dibentuk Larangan Penggunaan Bom Nuklir
PM Fukuda dalam sambutannya menegaskan kembali prinsip Jepang yang menentang penggunaan senjata nuklir, dengan tidak ikut memproduksi ataupun memiliki senjata nuklir. Walikota Nagasaki Tumihisa Taue, mendesak negara-negara yang memiliki kekuatan nuklir untuk menghancurkan senjata nuklirnya, sambil mengutip permohonan yang pernah disampaikan mantan Menlu AS Henry Kissinger dan mantan pejabat tinggi lainnya. Pada kesempatan itu juga dibacakan deklarasi perdamaian untuk dunia mengenai pentingnya dunia tanpa kehadiran senjata nuklir. Seusai upacara, Fukuda menyempatkan diri berdialog dengan para korban bom atom, seperti yang juga dilakukannya di Hiroshima. Fukuda lebih banyak mendengarkan keinginan dari para korban. Jumlah korban bom atom yang masih hidup hingga kini tercatat sebanyak 243.692 orang (per 31 Maret 2008), dengan rata-rata usia mencapai 75 tahun lebih. Sedangkan untuk di Nagasaki, hingga tahun ini berjumlah 145.984 orang.
7. Dampak bagi Indonesia
Setelah Jepang bertekuk lutut pada sekutu 6 hari setelah dijatuhkan bom atom tersebut tepat pada tanggal 15 Agustus 1945 (yang kemudian disusul merdeka nya Indonesia dua hari kemudian, yang menurut beberapa orang merupakan hadiah pemberian sekutu).
8. Pencalon Menjadi Tuan Rumah Olimpiade
Hiroshima dan Nagasaki, dua kota di Jepang, hari Minggu mengatakan mereka sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri secara bersama guna menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, sejalan dengan kampanye untuk mempromosikan suatu dunia yang bebas nuklir. Kedua kota itu, yang dibangun kembali setelah menjadi puing-puing akibat bom atom Amerika Serikat di hari-hari terakhir Perang Dunia II, mengatakan mereka akan membentuk suatu komite untuk mempelajari kemungkinan pencalonan bersama itu.
Wali Kota Hiroshima, Tadatoshi Akiba, seorang pendukung utama perlucutan senjata nuklir dan telah menyerukan suatu dunia yang bebas dari senjata atom pada tahun 2020, sebelumnya mengatakan ia menginginkan kota tersebut menyelenggarakan Olimpiade atas nama perdamaian dunia. “Kami mempunyai tujuan memusnahkan senjata nuklir pada tahun 2020. Bila kami melakukan aktivitas pencalonan menjadi tuan rumah Olimpiade secara paralel, diharapkan hal itu akan menghasilkan dampak yang sinergitik,” kata Akiba pada konferensi pers di Hiroshima. “Olimpiade tersebut dimulai sebagai pesta perdamaian di tempat pertama. Dalam pengertian ini, juga, pencalonan kami akan tepat.”
Wali Kota Nagasaki, Tomihisa Taue, mengatakan, penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian yang secara mengejutkan diberikan kepada Presiden AS Barack Obama pekan lalu karena anjurannya bagi suatu dunia yang bebas nuklir, telah “mempercepat kecenderungan menuju pemusnahan senjata nuklir.” “Bila kami menjadi tuan rumah bersama Olimpiade, hal itu akan mengirimkan pesan untuk membantu mewujudkan perdamaian,” kata Taue. Sembilan hari lalu, Tokyo bersama Chicago dan Madrid gagal dalam pencalonannya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016, kalah dari Rio de Janeiro, Brasil. Tokyo belum memutuskan apakah kota tersebut akan mencalonkan diri lagi untuk Olimpiade 2020.
9. Kota Hirosima dan Nagasaki Bangkit
Kini, kota Hiroshima dan Nagasaki telah bangkit dari penderitaan atas horor perang masa silamnya, Jepang adalah negara yang cepat pulih dan bangkit (walaupun Jepang sendiri merupakan penjajah kita), gempa Kobe yang meluluhlantakkan kobe dan menghancurkan kota itu kini sudah menjelma menjadi kota metropolitan. Bagaimana pun Perang membuat banyak orang menderita, Let’s Fight Against War

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s